Misteri Asal Muasal Lagu Lingsir Wengi

Di dunia yang penuh dengan misteri ini, banyak sekali lagu yang beraliran mistis saat ini. Banyak lagu yang sehari-hari dinyanyikan padahal lagu tersebut menyimpan sisi misteri yang belum terpecahkan. Salah satu lagu yang menyimpan keunikan misteri tersebut adalah Lingsir wengi.



Lingsir wengi merupakan salah satu lagu gending jawa yang menggunakan Pakem Macapat. Pakem Macapat terdiri dari 11 pakem salah satunya pakem durma yang dipakai dalam lagu lingsir wengi. Sebagian dari kita tahu akan lagu lingsir wengi ini karena pernah dinyanyikan dalam sebuah film horor Indonesia. Ada banyak rahasia dari liri lagu ini semenjak kemunculan lagu tersebut dalam sebuah film.


Siapa sebenarnya pencipta lagu lingsir wengi tersebut? sebagian dari anda pasti penasaran tentang keberadaan dari pencipta lagu ini. Untuk itu Shalmi akan Menguak Misteri Asal Muasal Lagu Lingsir Wengi.



Lingsir Wengi Mitos Lagu Misteri Hantu 'Kuntilanak'



Lagu ini sempat menjadi lagu populer ketika keberadaannya digunakan sebagai backsound sebuah film Indonesia yaitu serial Kuntilanak.

Film tersebut menyajikan film horor dimana lagu lingsir wengi dilarang dinyanyikan pada waktu tertentu, karena akan mengundang mahluk gaib yaitu kuntilanak. Dari film ini timbul makna negatif dari masyarakat tentang lagu ini, padahal sejarah dari lagu ini begitu baik dan patut untuk kita ketahui.

Memang tujuan dari film ini adalah untuk memberikan kesan horor dan menciptakan film yang mistis dengan memadukan gending jawa dengan suasana yang mencekam. Namun, anda jangan dulu menilai salah lagu ini sebagai lagu mistis.



Sejarah dan Asal Usul Lagu Lingsir Wengi



Lagu lingsir ini pernah populer pada jamannya. Memang orang jaman dulu suka dengan lirik lagu ciptaan Sunan Kalijaga karena selain enak untuk didengar namun juga bermakna baik. Jika kalian masih memiliki orang tua pasti mereka tidak lupa dengan keberadaan lagu ini.

Lagu lingsir wengi merupakan lagu yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Lahir sekitar tahun 1450 SM dengan nama kecil Raden Said. Sunan Kalijaga salah satu wali yang menyebarkan ajaran Islam dengan media budaya jawa. Seperti wayang kulit, seni ukir, gamelan, dan yang lain.




Durmo lingsir wengi merupakan arti lagu penolak mahluk halus, namun beberapa dari mereka salah mengartikan menjadi pengundang mahkluk halus. Lagu lingsir wengi diciptakan sebagai penolak bala godaan mahluk halus. Untuk lebih jelasya, mari kita simak lirik lagu Lingsir Wengi beserta artinya versi Raden Said berikut.



Lingsir wengi
Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi


Berikut adalah arti dari lirik diatas.


Menjelang tengah malam
saat menjelang tengah malam
sepi tidak bisa tidur
tergoda bayanganmu
di dalam hatiku
permulaanya
hanya bercanda kemudian terjadi
tidak mengira akan jadi cinta
kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku
menderita sakit cinta(jatuh cinta)
aku harus mengeluh kepada siapa
siang dan malam
yang saya cinta jangan lupakan ku
janjinya kuharap tak diingkari


Lirik diatas tidak ada sedikitpun menyentuh hal buruk atau hal mistis yang ada pada lirik Lingsir Wengi versi yang dinyanyikan di film horor kuntilanak. Sedangkan lirik yang dinyanyikan pada film horor kuntilanak adalah sebagai berikut.


Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet


Lirik diatas berarti.


Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut



Jika kita amati dari lirik lagu diatas memang sangatlah berbeda dengan asal usul lirik lagu ciptaan Sunan Kalijaga. Mereka sedikit merubahnya menjadi nuansa horor yang membuat orang takut apabila dengar lagu tersebut. Hal ini sebatas keperluan film dan estetika sehingga dapat menciptakan nuansa horor yang mencekam.

Padahal jika kita teliti lebih dalam arti dari lagu aslinya memiliki makna yang baik. Arti lagu lingsir wengi ini adalah untuk mengingatkan kita pada Tuhan sang pencipta alam. Awal lagu tersebut menceritakan jika kita terbangun pada malam hari dan tidak bisa tidur kembali. Maka ingatlah (beribadahlah) pada Tuhan. pada lagu tersebut juga memiliki makna untuk selalu cinta kepada Tuhan. Berharap Tuhan tidak menghilangkan cinta kita kepada-Nya.


Itulah sejarah dan penjelasan mengenaiAsal Muasal Lagu Lingsir Wengi. Untuk itu ada baiknya kita melihat dulu bagaimana sebuah lagu tercipta dan jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk suatu hal karena belum tentu buruk dibelakangnya.
Share on Google Plus

About Shalmi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment