Cerita Jokowi Mantu, Mulai Tukang Sampah, Becak, sampai Jalur

Becak di Solo [Antara]

Becak di Solo

Pemerintah Kota Solo menerjunkan 54 petugas kebersihan untuk menjaga lingkungan kediaman Presiden Joko Widodo dan tempat ijab kabul serta resepsi, Gedung Graha Saba Buana tetap bersih. Mereka akan ditugaskan mulai tanggal 7 November hingga 9 November.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solo, Hasta Gunawan, mengatakan 54 petugas tersebut dibagi dalam dua shift, pagi dan malam.
"Jadi sebelum acara yang shift pagi membersihkan dan memastikan kediaman dan gedung serta daerah sekitarnya bersih. Dan yang shif malam membersihkan sampah sisa acara," katanya.
Mereka, juga dipasrahi untuk menjaga kebersihan di lokasi parkir kendaraan tamu, yakni di Lapangan Sumber dan Banyuanyar serta halaman Stadion Manahan.
"Termasuk menjaga kebersihan toilet portabel yang disediakan pemkot di kantong parkir," imbuhnya.
Selain 54 petugas kebersihan, pemerintah juga menugaskan 144 anggota linmas dari kota, Kelurahan Sumner, dan Banyuanyar untuk ikut menjaga keamanan di lokasi pernikahan dan kantong parkir. Termasuk nantinya menata karangan bunga ucapan selamat yang bakal berdatangan.
"Pengalaman saat mas Gibran kan juga begitu, banyak karangan bunga yang datang. Nah, nantinya itu jadi tugas Linmas untuk mencarikan tempat dan menatanya biar rapi," kata Hasta.
Di hadapan para petugas yang akan bertugas, Hasta mengingatkan agar mereka mematuhi aturan yanh ada, termasuk menurut jika diatur Paspamres.
"Jangan sampai melawan Paspampres, nurut saja," kata dia.
Sama halnya dengan para tukang becak, petugas kebersihan dan Linmas yang akan bertugas juga diberi seragam berupa kemeja batik. 
Tukang Becak Nikahan Kahiyang Dapat Batik Seragam
 Sebanyak 50 tukang becak yang nantinya akan bertugas mengantarkan tamu resepsi pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, mendapat seragam berupa kemeja batik secara cuma-cuma. Pembagian seragam sendiri dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Walikota Solo, Loji Gandrung, Sabtu (4/11/2017).
Baju batik yang dibagikan sendiri bukan printing batik melainkan batik cap dengan motif wahyu tumurun dengan kualitas kain yang bagus.
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang memberikan pengarahan sebelum pembagian seragam mengatakan, kemeja batik tersebut diberikan oleh keluarga Presiden Jokowi untuk tukang becak yang bertugas. Dengan tujuan agar mereka lebih rapi dan mudah dikenali.
"Baju batiknya dari Pak Jokowi, Pemkot hanya membagikan saja. Nantinya baju ini jadi seragam saat mereka bertugas tanggal 8 November (nanti), " katanya.
Rudy, sapaan akrabnya menambahkan, selain wajib memakai baju batik untuk seragam, para tukang becak nantinya juga diminta mengenakan sepatu dan celana panjang. Mereka juga tidak boleh merokok selama bertugas.
"Selain membagikan baju batik sekaligus diberikan pengarahan agar mereka nantinya tetap menjaga sopan santun selama bertugas mengantar tamunya pak Presiden. Saat mereka menunggu tamu, selain dilarang merokok mereka juga dilarang menaikkan kaki ke atas becak seperti saat biasa nongkrong. Pokoknya harus menjaga kesantunan," kata dia.
Ia juga menekankan para tukang becak dilarang menerima tip apalagi menarik bayaran dari para tamu yang diundang.
"Kalau soal iti (honor,red) nanti ada sendiri dari keluarga Pak Jokowi," imbuhnya. 
Sementara itu, salah satu tukang becak, Yahmanto, mengaku telah melakukan persiapan fisik untuk menjaga stamina. Sehingga bisa bertugas dengan baik saat hari H.
"Pas tes kesehatan kemarin dinyatakan sehat. Jadi tinggal jaga kondisi agar tidak sakit," tuturnya.
Atur Lalu Lintas
Tak hanya mengerahkan personil untuk pengamanan acara pernikahan putri, Polda Jawa Tengah juga menggelar operasi Bengawan Candi dengan mengerahkan 3.669 personel dari perwakilan polres di sekitar Solo Raya. Operasi mandiri ini difokuskan untuk menjaga ketertiban, keamanan serta kelancaran arus lalu lintas selama perhelatan berlangsung.
"Operasi ini merupakan operasi mandiri Polda Jateng dengan fokus untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas di Kota Solo dan daerah sekitarnya. Mengingat selama acara ada penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. Selain itu, personel juga disiapkan untuk mengamankan perjalanan tamu dari hotel menuju tempat acara," kata Kepala Biro Ops Kombes Hariyanto usai apel di halaman parkir Stadion Manahan, Senin (6/11/2017), pagi. 
Dalam apel tersebut tidak hanya diikuti personel dari Satlantas saja, namun juga dari Sabhara, Brimob, Intel dan unsur kepolisian lainnya. Operasi sendiri akan digelar mulai 6 November hingga 7 November. 
Kepada jajaran, Hariyanto berpesan agar personel yang bertugas di lapangan menjaga stamina dan serius dalam menjalankan tugasnya. Ia pun mwanti-wanti agar para personel tidak mencuri-curi kesempatan untuk pelesir atau bersenang-senang selama diperbantukan di Kota Solo
"Lakukan tugas dengan sebaik-baiknya, jangan sampai muncul kemacetan lalu lintas, jika sudah muncul maka dalam waktu 1 jam harus sudah terurai. Petugas harus tanggap melakukan tugas dengan mengurai arus kendaraan agar tak terjadi kemacetan. Insting sebagai personel Polri perlu ditinggatkan dalam menjalankan tugas Tribrata," kata dia. 
Share on Google Plus

About Shalmi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment