Desa Petaling Jaya Jambi Terlalu Miskin Untuk Membangun Drainase Jalan


Pentingnya Membangun Drainase Jalan

Shalmi - Jalan merupakan infrastruktur transportasi yang sangat penting bagi manusia. Melalui jalan, manusia dapat berpindah maupun memindahkan barang, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Jalan menghubungkan suatu komunitas masyarakat di suatu wilayah dengan wilayah lain.

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan manusia, sistem jalan baik di pedesaan, di suatu kawasan perumahan, maupun antar kota dan provinsi berkembang pesat dari segi jumlah ruas jalan, panjang, maupun teknologi konstruksinya. Keberadaan dan kegunaan suatu jalan dapat dimanfaatkan sepanjang umur pakainya yang telah direncanakan apabila dirancang dengan memperhatikan berbagai aspek.

Salah satu aspek penting konstruksi jalan raya yang menentukan umur pakai jalan tersebut sampai terjadinya kerusakan adalah hubungan jalan yang akan dibangun dengan air hujan yang jatuh ke permukaan jalan dan yang mengalir. Dalam perencanaan jalan raya, perlindungan jalan dari air permukaan dan air tanah sangat penting.

Air adalah kawan sekaligus musuh bagi konstruksi jalan. Hal ini berarti air dapat menjadi kawan bagi jalan karena sangat diperlukan dalam kegiatan konstruksi jalan dan musuh karena air merupakan salah satu perusak utama bagi konstruksi jalan. Secara umum para perancang jalan sangat menyadari kedahsyatan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh air pada konstruksi jalan sehingga antisipasi secara cermat dalam upaya mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan konstruksi jalan oleh ulah air diperkirakan secara baik. Untuk merancang suatu jalan yang dapat bertahan selama umur pakai yang telah direncanakan secara maksimal, para perancang jalan perlu memikirkan aspek sistem pengaliran air (drainase) di sekitar jalan tersebut.

Pada perencanaan sistem drainase jalan akan berkaitan erat dengan site plan jalan, aligment vertical-horizontal jalan, superelevasi jalan, dan elevasi permukaan jalan. Tujuannya adalah untuk mengalirkan limpasan air yang terjadi di permukaan jalan secara grafitasi dan dibuang melalui saluran drainase yang telah ada (eksisting) atau yang belum ada (non-eksisting) menuju saluran pembuang akhir (outlet).
Oleh karena itu, perlu direncanakan suatu system pengelolaan air limpasan yang terjadi, sehingga air limpasan tidak menggenangi daerah sekitar dan langsung masuk ke saluran-saluran drainase yang ada.

Baca juga: 50 Ponsel Jadul Melegenda. Nah mana yang pernah dibeli Bapak kamu?


Jalan Desa Petaling Jaya, Sungai Gelam 

Mengacu pada penjelasan diatas, menurut Pak Domo warga rt/10 Desa Petaling Jaya, Sungai Gelam, Muaro Jambi Propinsi Jambi dalam perbincangan di suatu kesempatan bersama rekan sesama warga desa setempat menyebutkan bahwa sebetulnya untuk memiliki jalan desa yang memadai tidak harus selalu menimbun jalan dalam setiap proyek perbaikan jalan.

Dari keadaan fisik jalan desa yang ada di Desa Petaling Jaya, yang perlu diperhatikan adalah drainase disetiap tepi jalan. Karena pada kenyataannya disetiap musim hujan, air menggenang di badan jalan. Begitu kata Pak Domo.

Dalam perbincangan selanjutnya ternyata Pak Domo sudah membuat rincian biayanya untuk membangun drainase di Desa Petaling Jaya tidak membutuhkan biaya besar. Diperkirakan akses jalan desa di Petaling Jaya hanya sekitar 5 kilometer. Dan hanya membutuhkan biaya 100 juta dalam 1 kilometernya. Biaya tersebut sudah termasuk keseluruhan, baik material, upah tenaga kerja dan segala tetek bengek yang biasanya ada didalam pengerjaan proyek.

Sekarang tinggal bagaimana jajaran aparat desa Petaling Jaya dalam menanggapi perbincangan kami yang natebane adalah rasa peduli kami untuk menanggapi opini warga desa Petaling Jaya bahwa Desa Petaling Jaya tidaklah terlalu miskin untuk membangun drainase jalan.

●Evercoss harga 1 jutaan, hubungi: MellyAgustina
Evercoss harga 1 jutaan 

Demikian apa yang sudah kami perbincangkan ini kami tulis dengan harapan kedepan Desa Petaling Jaya memiliki jalan yang lebih baik dari sebelumnya.

Salam sukses selalu buat warga Petaling Jaya, semoga kita semua segera memiliki jalan yang tidak bolong bolong lagi ya Bro!! ;)
Share on Google Plus

About Shalmi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment